Jan 27, 2017

SOAL DAN JAWABAN PKN KURIKULUM 2013 TAHUN 2017

Makna Hubungan Internasional


Setiap negara di dunia ini memerlukan hubungan dengan negara-negara lain. Seperti halnya manusia yang tidak dapat hidup tanpa bantuan dan kerja sama dengan orang lain, demikian juga dengan negara. Negara kuat dan besar pun masih memerlukan bantuan dan kerja sama dengan negara lain, misalnya dalam hal pengadaan bahan baku industri, pengadaan mesin-mesin berat, pengadaan sumber daya tambang, dan lain sebagainya.


Maka sudah tentu menjalin hubungan internasional dengan negara-negara lain merupakan sebuah kebutuhan sekaligus keharusan bagi suatu negara.


Pengertian Hubungan Internasional


1. Menurut Encylopedia Americana dinyatakan hubungan internasional adalah hubungan antarnegara atau antarindividu dari negara-negara yang berbeda-beda, baik hubungan politik, budaya, ekonomi, atau bahkan hankam.


2. Menurut UU NO. 37 Tahun 1999 hubungan internasional dipersamakan dengan hubungan luar negeri. Adapun pengertian hubungan luar negeri adalah setiap kegiatan yang menyangkut aspek regional dan internasional yang dilakukan oleh pemerintah di tingkat pusat dari daerah atau lembaga-lembaga negara, badan usaha, dan badan organinasi politik.


3. Dalam buku Rencana Strategi Pelaksanaan Politik Luar Negeri, dinyatakan hubungan internasional adalah hubungan antarbangsa dalam segala aspeknya, yang dilakukan oleh suatu negara untuk mencapai kepentingan nasional negara tersebut.


Tujuan Nasional Negara Indonesia


Salah satu tujuan negara Indonesia yang termaksud dalam pembukaan UUD 1945 adalah ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi, dan keadilan sosial.


Hal ini bermakna bahwa bangsa Indonesia harus hidup berdampingan dan bersahabat dengan bangsa lain agar ketertiban dan perdamaian dunia tetap terjaga. Upaya yang dapat dilakukan antara lain dengan menjalin hubungan kerja sama dengan bangsa lain atau yang lebih dikenal dengan hubungan internasional karena pola hubungannya dapat melibatkan satu atau banyak negara di dunia.


Hubungan Internasional


Hubungan dengan negara-negara lain sering disebut hubungan luar negeri. Berdasar negara yang terlibat, hubungan luar negeri dibedakan menjadi dua bentuk sebagai berikut.


1.) Hubungan Bilateral adalah hubungan antara dua negara, misalnya hubungan kerja sama antara Indonesia dengan Malaysia.


2.) Hubungan Multiteral adalah hubungan antara negara yang satu dengan dua atau lebih negara. Misalnya hubungan antara Indonesia dengan negara anggota ASEAN.


SOAL PKN KURIKULUM 2013


Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan singkat dan jelas!


1. Jelaskan yang dimaksud hubungan internasional?


2. Sebutkan tujuan nasional bangsa Indonesia?


3. Berilah contoh kerja sama bilateral yang dilakukan negara Indonesia?


4. Apa makna bebas dalam pengertian sistem politik luar negeri yang bebas aktif?


5. Jelaskan makna yang terkandung dalam UUD 1945 Pasal 11?


JAWABAN SOAL DIATAS!


1. Hubungan antar bangsa atau antar negara dalam berbagai bidang, seperti politik, ekonomi, budaya dan sebagainya.


2. Ikut melaksanakan ketertiban negara. Upaya yang dapat dilakukan adalah menjalin hubungan kerja sama dengan bangsa lain.


3. Hubungan antara dua negara, misal Indonesia dengan Rusia.


4. Negara tidak akan tumbuh / memenuhi kebutuhan sendiri tanpa bantuan negara lain.


5. Presiden dengan persetujuan DPR menyatakan perang, membuat perdamaian dan perjanjian dengan negara lain.

Labels:

0 Comments:

Post a Comment

Subscribe to Post Comments [Atom]

<< Home